Pembinaan Guru Daerah 3T dalam Pengelolaan Pembelajaran di Kelas untuk Menguatkan Profesionalisme Guru

Authors

  • Candra Nugraha Wati Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari Author

Keywords:

pembinaan guru, pengelolaan pembelajaran, profesionalisme guru

Abstract

Pembinaan guru merupakan hal yang penting untuk dilakukan guna meningkatkan profesionalisme guru. Program pembinaan guru ini merupakan program pengabdian masyarakat mandiri dengan tahapan sebagai berikut: 1) identifikasi lokasi dan subjek; 2) identifikasi kebutuhan; 3) penyusunan bahan pembinaan; 4) pelaksanaan pembinaan dan 5) evaluasi. Pembinaan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan secara online menggunakan zoom. Hasil identifikasi kebutuhan adalah guru di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar membutuhkan strategi yang efektif dalam menangani perilaku peserta didik. Dari identifikasi kebutuhan tersebut maka pembinaan guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas merupakan pembinaan yang tepat dan efektif untuk menjawab kebutuhan tersebut. Dalam pelaksanaannya, pembinaan ditanggapi dengan antusias oleh para guru, hal ini nampak dari diskusi interaktif peserta. Selanjutnya, hasil evaluasi menunjukkan bahwa pembinaan yang diberikan relevan dengan kebutuhan guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas dan menguatkan profesionalisme guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pembinaan Guru Daerah 3T dalam Pengelolaan Pembelajaran di Kelas untuk Menguatkan Profesionalisme Guru. (2025). Servatio, 1(1), 1-6. https://ojs.sttbk.ac.id/index.php/servatio/article/view/55