Author Guidelines
JUDUL ARTIKEL
MAKSIMAL 15 KATA, FONT TIMES NEW ROMAN 12 BOLD, SPASI 1
Penulis Pertama1*, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3, dst.
1Afiliasi Penulis Pertama (Institusi/Universitas)
2Afiliasi Penulis Kedua (Institusi/Universitas)
3Afiliasi Penulis Ketiga (Institusi/Universitas)
*E-mail: email penulis pertama
(Maksimal 5 pengabdi, font Times New Roman 11, spasi 1)
ABSTRAK (FONT TIMES NEW ROMAN 11, BOLD)
Ketik abstrak bahasa Indonesia di sini. Isi abstrak menggunakan font Times New Roman 10 spasi 1. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa indonesia maksimal 300 kata.
Kata kunci: kata kunci satu; kata kunci dua; kata kunci tiga; dst (minimal 3 kata maksimal 5 kata)
ABSTRACT
Ketik abstrak bahasa Inggris di sini (italic). Isi abstract menggunakan font Times New Roman 10 spasi 1. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa inggris maksimal 300 kata.
Keywords: keywords satu; keywords dua; keywords tiga; dst. (minimum 3 keywords maximum 3 keywords)
PENDAHULUAN
Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau urgensi permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian/penelitian, ditulis dengan font Times New Roman (TNR) 11 spasi 1,5. dan tanpa footnote. Mencantumkan referensi (pustaka atau hasil penelitian relevan) dengan menggunakan nomor sumber di setiap kalimat setelah tanda titik (.) yang disesuaikan dengan Daftar Pustaka, sebagai contoh: Strasburger et al., mengemukakan bahwa remaja usia 8-18 tahun menghabiskan waktu rata-rata 7 jam per hari untuk mengakses media (Strasburger et al, 2010). Bagian akhir pendahuluan harus mengemukakan tujuan pengabdian kepada masyarakat.
METODE PELAKSANAAN
Bagian ini menjelaskan tentang jenis pengabdian kepada masyarakat, lokasi dan waktu, populasi dan sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Pengabdian kepada masyarakat yang menggunakan alat dan bahan, perlu menuliskan spesifikasi alat dan bahan yang digunakan. Penulisan menggunakan TNR 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Dalam bab ini dapat juga dicantumkan rumus ilmiah yang digunakan untuk analisis data/uji korelasi.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian hasil menguraikan tentang karakteristik subjek pengabdian kepada masyarakat atau mitra. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Isi hasil mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya. Penulisan menggunakan TNR 11 point (tegak) dengan spasi 1,5.
Bagian Judul Sub-Bab (huruf kapital pada setiap awal kata, bold)
- Bagian Judul Sub-Sub Bab (huruf kapital pada setiap awal kata dan diberi nomor 1, 2, 3, dst...)
Tabel dan gambar maksimal 6, disertai dengan nama tabel dan gambar serta pula terdapat sumber-sumber tersebut. Bagian pembahasan berisi alasan yang menjelaskan hasil pengabdian kepada masyarakat (dapat ditambahkan juga hasil pengabdian kepada masyarakat lain yang mendukung dan tidak sejalan dengan hasil pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh). Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Tidak diperbolehkan menggunakan kalimat yang sama dengan yang tercantum di bagian hasil dan tidak diperbolehkan membaca ulang tabel dan grafik hasil analisis. Namun, hasil bisa dikelompokkan untuk diinterpretasikan dan dibahas berdasarkan teori dan hasil pengabdian kepada masyarakat terdahulu. Penulisan menggunakan TNR 11 point (tegak) dengan spasi 1,5.
KESIMPULAN
Kesimpulan berisi ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan pengabdian kepada masyarakat. Saran disusun berdasarkan temuan yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau pengabdian kepada masyarakat lanjutan. Simpulan bukan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan yang mengacu pada teori tertentu, tetapi hasil dari analisis/uji korelasi data yang dibahas. Penulisan kesimpulan dan saran menggunakan TNR 11 point (tegak) dengan spasi 1,5.
DAFTAR PUSTAKA
Isi daftar pustaka ditulis dengan font Times New Roman 11, ditulis 1 spasi, dan rata kiri. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA) 7th Style. Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka literatur ilmiah (80% referensi primer dan 20% referensi sekunder). Sumber referensi primer, seperti: jurnal, laporan pengabdian keapada masyarakat, dan makalah prosiding. Sumber referensi sekunder, seperti: buku, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber internet. Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi manager Mendeley/Zotero.
Contoh Penulisan Daftar Pustaka
Penulis tunggal
Armstrong, M. (2006). A handbook of human resource management practice (10th ed.). London & Philadelphia: Koagen Page.
Pengarang bersama
Kinicky, A., & Kreitner, R. (2009). Organizational behavior: Key concepts, skills, and best practices (4th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
Redaksi atau suntingan
Condrey, S. E. (Ed.). (2005). Handbook of human resources management in government (2nd ed.). San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
Koentjaraningrat. (Ed.). (1983). Metode penelitian masyarakat. Jakarta: PT Gramedia.
Terjemahan
Kerlinger, F. N. (1990). Asas-asas penelitian behavioral (Edisi ke-3; L. R. Simatupang, Trans.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. (Karya asli diterbitkan 1986).
Bab dalam buku / artikel dalam buku
Horton, S. (2008). History and persistence of an idea and an ideal. In J. L. Perry (Ed.), Motivation in public management: The call of public service (pp. 17–32). New York, NY: Oxford University Press.
Artikel dalam jurnal
Boyatzis, R. E. (2008). Competencies in the 21st century. Journal of Management Development, 27(1), 5–12.
Kumorotomo, W. (1996). Meningkatkan kinerja BUMN: Antisipasi terhadap kompetensi dan kebijakan deregulasi. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik (JKAP) MAP Universitas Gadjah Mada, 1(1), 44–59.
Artikel dalam majalah atau koran
Suryadarma, S. V. C. (1990). Procesor dan interface: Komunikasi data. Info Komputer, 4(4), 46–48.
Huda, M. (1991, November 13). Menyiasati krisis listrik musim kering. Jawa Pos, p. 6.
Rujukan elektronik
Peirce, W. (2003). Metacognition: Study strategies, monitoring, and motivation. Retrieved February 5, 2010, from http://academic.pgcc.edu/~wpeirce/MCCCTR/metacognition.
Kawasaki, J. L., & Raveb, M. R. (1995). Computer-administered surveys in extension. Journal of Extension, 33(June). Retrieved June 17, 2000, from http://www.joe.org/june33/95.html.
Rujukan dari lembaga
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman penulisan laporan penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tesis dan disertasi
Iswanto, D. G. (2012). Analisis budaya kerja pegawai pada Biro Administrasi Pembangunan dan Sumberdaya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Unpublished master’s thesis). Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.
Nawawi, M. (2011). Pengaruh motivasi dan kompetensi tenaga kesehatan terhadap kinerja pusat kesehatan masyarakat dalam pelayanan kesehatan di Kota Palu Sulawesi Tengah (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia.