PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERGESERAN GAYA HIDUP REMAJA KRISTEN DI MOGOYUNGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.54636/teologi.v3i1.49Keywords:
Media Sosial, Facebook, WhatsApp, Gaya HidupAbstract
Pada era modern saat ini, perkembangan media sosial telah menjadi tren setiap waktu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, termasuk di kalangan remaja Kristen Mogoyunggung. Penggunaan media sosial terhadap remaja dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Salah satu aspek yang dipengaruhi oleh media sosial pada era ini adalah aspek perilaku sosial. Remaja sebagai seorang yang sedang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak ke dewasa sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh negatif yang terjadi dalam pergaulan dan melalui media sosial. Hampir semua masyarakat yang ada di Mogoyunggung telah memiliki media sosial seperti Facebook dan TikTok. Mulai dari orang tua, remaja, bahkan sampai kepada anak-anak berusia 5 tahun telah memiliki akun Facebook. Selain pengaruh media sosial terhadap pergeseran gaya hidup remaja Kristen, ada pula pengaruh pergaulan bebas yang dapat mempengaruhi gaya hidup anak remaja Kristen. Anak-anak remaja memiliki kebebasan yang tidak terkontrol dalam mengakses media sosial. Memiliki kebebasan dalam mengakses media sosial membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk berinteraksi dengan orang lain, melainkan hanya berfokus mengakses media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode mengumpulkan data melalui buku-buku, internet, jurnal, serta wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak positif dan negatif bagi gaya hidup anak remaja Kristen yang ada di Mogoyunggung. Dengan demikian, hasil penelitian ini mampu memberikan kesadaran dalam menggunakan waktu dengan efektif seperti beribadah, berdoa, dan juga belajar.
Downloads
References
Chaney, David. Lifestyle; Sebuah Pengantar Komprehensif (Yogyakarta: Jalasutra, 2004).
Darma. Buku Pintar Menguasai Internet (Jakarta: Mediakita, 2009).
Hasiholan Togi Prima dkk, Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 5 no 2, Juni (2020).
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gaya Hidup.
Moeleong, Lexy J. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).
Puntoadi Danis. Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. (Jakarta: PT Elex Komputindo, 2011).
Purwanto, Harry. Media Sosial Bebas Awas Kebablasan. (Surabaya: Media Karya, 2021).
Rizqi, Arifuddin Muhammad & Irwansyah, Dari Foto dan Video ke Toko: Perkembangan Instagram dalam Perspektif Konstruksi Sosial, Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, Vol 3 no 1, April (2019).
Sarwono, Sarlito & Wirawan. Psikologi Remaja. (Jakarta: C.R Rajawali, 2008).
Susanto. Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis. (Jakarta: Kompas, 2001).
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. (Bandung; Rosdakarya, 2002).