Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PENULISAN ARTIKEL

 

JUDUL ARTIKEL DITULIS SINGKAT DAN PADAT SESUAI SUBSTANSI ISI
(Center, Bold, Times New Roman 12, Maksimal 13 kata)

 

Nama Penulis Pertama1, Nama Penulis Kedua2 (semua nama lengkap tanpa gelar)
1Afiliasi/Lembaga Asal Penulis Pertama, Negara
2Afiliasi/Lembaga Asal Penulis Kedua, Negara
e-mail (Penulis Pertama saja): penulis@email.gmail.com

 

Abstrak

Jurnal VOICE Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari memiliki fokus pada Teologi Biblika, Teologi Sistematika, Teologi Praktika, Sejarah Teologi dan Gereja, serta Pendidikan Kristen, baik di gereja maupun sekolah. Untuk memudahkan proses penyuntingan, penulis disarankan untuk mengikuti petunjuk penulisan artikel ini secara keseluruhan. Format dan style yang terdapat dalam file ini sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertulis dalam petunjuk penulisan, sehingga file ini dapat digunakan sebagai template. Pada bagian abstrak, keseluruhan substansi isi artikel harus tercermin. Dengan demikian, pembaca dapat menentukan revelansinya dengan minat dan memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak mencakup latar belakang masalah, tujuan penelitian atau fokus masalah, metode atau tahapan penting penelitian serta temuan atau simpulan utama. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Abstrak ditulis menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam 1 paragraf, jarak 1 spasi dan dengan jumlah antara 150-200 kata.

Kata Kunci: petunjuk penulisan, template dokumen, format, style, abstrak.

                                                                         

Abstract

VOICE Journal of Calvary Baptist Theological Seminary has a focus on Biblical Theology, Systematic Theology, Practical Theological, History of Theology and Church, as well as Christian Theology, both in church and school. The abstract consists of a statement of the background, objective of the study or focus of the discussion, method or important research steps and findings or conclusion. The emphasis of the abstract writing is specifically on the research finding. The abstract is written in both Bahasa Indonesia and English in one paragraph, single space and contains 150-200 words. The keywords are the important terms and the article substances. They can be in 5 single words or phrases. The keywords enable readers to find the title and abstract. They are written below abstract in italics.  

Keywords: writing guidelines, document template, format, style, abstract.

 

PENDAHULUAN

Artikel yang masuk dalam Jurnal VOICE merupakan tulisan sendiri atau pun beberapa orang yang original dalam ruang lingkup sesuai Focus and Scope. Artikel jurnal ditulis pada kertas A4 dalam tipe huruf Times New Roman, Memuat latar belakang masalah, pendalaman permasalahan, atau kesenjangan antara yang diidealkan dan yang senyatanya. Wawasan dan rencana pemecahan masalah juga dituliskan di bagian ini. Selain itu, rumusan tujuan penelitian dan rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah juga dicantumkan di bagian pendahuluan. Bagian ini ditulis sebanyak kurang lebih 20% dari badan artikel termasuk judul dan abstrak.

 

METODE

Pada dasarnya bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian itu dilakukan. Metode harus ditulis singkat, padat serta jelas. Poin pemikiran dituangkan dalam bentuk paragraf dan bukan dengan penulisan enumerasi menggunakan nomor. Penggunaan bullet sama sekali tidak dianjurkan. Jika tulisan dengan bullet membentuk kalimat lengkap maka dituliskan sebagai kalimat dalam paragraf. Jika hanya berupa frase maka dituliskan sebagai bagian dari sebuah kalimat yang lengkap. Jika sangat dibutuhkan, beri nomor urut dalam tanda kurung untuk menandai dan dipisahkan dengan titik koma. Seluruh ketentuan spesifik yang ditetapkan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan dan menganalisi data dijelaskan pada bagian metode ini. Bagian ini ditulis sebanyak maksimum 10% dari badan artikel untuk penelitian kualitatif atau maksimum 15% untuk penelitian kuantitatif.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menjadi bagian inti dalam artikel hasil penelitian. Permasalahan yang terurai dalam pendahuluan terjawab dengan hasil sebagai fakta yang didukung dengan pernyataan dari teori ataupun kajian yang relevan terhadap masalah yang diteliti. Pembahasan harus diperkaya dengan merujuk atau membandingkan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah bereputasi dan tidak berasal dari jurnal abal-abal (predatory journal). Dalam pembahasan disarankan juga berisi pengintegrasian hasil penelitian ke dalam kumpulan teori atau pengetahuan yang telah mapan, penyusunan teori baru, modifikasi teori yang telah ada, serta implikasi hasil penelitian.

 

SIMPULAN

Bagian ini terdiri dari Simpulan dan saran. Pada simpulan menyajikan ringkasan dari uraian hasil dan pembahasan yang mengacu pada tujuan penelitian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan penelitian, bukan pernyataan hipotesis sebagai hasil analisis. Sedangkan saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Minimal 15 daftar rujukan yang tersebar dalam 10 tahun terakhir. Seluruh daftar rujukan diatas harus terujuk di dalam artikel dengan contoh:

…..…Pada tahun 2012, penelitian yang dilakukan oleh Meier (Meier, 2012) dan timnya, mencoba untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi……

Penulisan daftar rujukan menggunakan aplikasi penulisan referensi, seperti halnya Mendeley, Zotero, Endnote, Word References, atau lainnya.

 

Jurnal

Botica, Aurelian. “The Theophoric Element Ba’Al in Ancient Phoenician Inscriptions.” Perichoresis 10, no. 1 (January 2012): 67-93. https://doi.org/10.2478/v10297-012-0004-6.

Buku

Craigie, Peter C. “The Book of Deuteronomy” dalam The New International Commentary on the Old Testament 5. (Grand Rapids: William B. Eerdmans, 1976).

Olley, John W. The Message of Kings: God is Present, in The Bible Speaks Today. ed. J. A. Motyer, et al. (Grand Rapids: InterVarsity, 2011).

Walton, John H. dan J. Harvey Walton, The Lost World of the Israelite Conquest: Covenant, Retribution, and the Fate of the Canaanites. (Downers Grove: InterVarsity, 2017).

 

 

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.