Musik, Spiritualitas, dan Kesetaraan: Pendekatan Interdisipliner dalam Pendidikan Kristen Abad ke-21

Authors

  • Kilat Kasanang IAKN Palangka Raya Author

Keywords:

Pendidikan Kristen, musik gereja, spiritualitas, kesetaraan gender, interdisipliner

Abstract

Artikel ini mengajukan sebuah pendekatan interdisipliner dalam pendidikan Kristen dengan mengintegrasikan musik, spiritualitas, dan kesetaraan gender. Menghadapi tantangan abad ke-21, seperti perubahan sosial yang cepat, digitalisasi yang meluas, dan ketidaksetaraan sosial yang terus-menerus, model pendidikan Kristen tradisional yang hanya berfokus pada transfer doktrin dirasa tidak memadai. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan tinjauan literatur, yang menganalisis jurnal akademik, teks teologis, dan media daring yang relevan untuk mengeksplorasi kerangka teoretis serta contoh-contoh praktis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa musik berperan sebagai alat pedagogis dan formatif yang efektif, yang secara mendalam membentuk keinginan dan identitas komunal. Selain itu, spiritualitas yang berpusat pada Kristus diidentifikasi sebagai inti dari perkembangan holistik dan pembentukan hubungan sosial yang harmonis. Pencarian kesetaraan gender dan inklusivitas yang sejati ditekankan sebagai suatu keharusan teologis yang mendalam, yang memerlukan transformasi sistemik. Model interdisipliner ini menawarkan kerangka kerja yang relevan dan membebaskan bagi pendidikan Kristen masa kini, mendorong penguatan iman, pembangunan komunitas yang kokoh, serta keterlibatan aktif dalam transformasi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.

Erista. (n.d.). Strategi Gereja untuk Menjangkau Generasi Z di Era Digital. Diambil dari https://www.erista.io/id/blog/strategi-gereja-untuk-menjangkau-generasi-z-di-era-digital

Fiorenza, E. S. (2019). Women and the Church: A Feminist Theology of Liberation. SCM Press.

Gulo, K. K., Zendrato, N., Darma, F. E., & Topayung, S. L. (2024). Dampak Pendidikan Kristen dalam Pembentukan Identitas Keagamaan Anak di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Damai: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Filsafat, 1(4), 70–83. https://doi.org/10.61132/damai.v1i4.193

Haston, W., & Russell, J. (2012). Music enables the holistic development and discovery of self: A phenomenological study of two Christian musicians. Psychology of Music, 40(5), 585–604.

Holmes, A. F. (2002). All Truth Is God’s Truth. Eerdmans.

Huka, M. A., & Nunumete, E. A. (2020). Paduan Suara Gereja dalam Konteks Pendidikan dan Pelayanan. Jurnal Jaffray, 18(1), 123–138.

Johnson, L. (2019). Mutuality is Biblical. Diambil dari https://lisajohnsonmutuality.com/

Johnson, L. (2020). Collaborating for Gender Equity in Christian Education. ICCTE Journal, 15(1), 1–16.

King, R. R. (2020). The Role of Music in Christian Education: A Contemporary Perspective. Journal of Christian Education, 63(2), 45–60.

Kemdikbud Ristek. (2022). Kurikulum Merdeka. Diambil dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/service/download.php?kategori=rujukan&id=99

Langi, F. M., Lahamendu, N., & Kawung, J. F. (2022). Analisis Bentuk dan Makna Lirik Lagu Ye Servants of God dalam Kidung Jemaat. Psalmoz: A Journal of Creative and Study of Church Music, 3(2), 38–52. https://doi.org/10.51667/jpsalmoz.v3i2.1015

Marpaung, E. K. M., & Saragih, O. (2024). Pendidikan Agama Kristen sebagai Dasar Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), 637–649. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1648

Miller, J. P. (2014). Whole Child Education. University of Toronto Press.

Mofu, B. D. R. (2025). Kajian Didaktika Kristen Interdisipliner. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.59141/comserva.v5i2.3231

Nahor, D. D. G. B., & Damanik, R. (2024). Peranan Pendidikan Kristen pada Era Digital bagi Generasi Muda. DIKAIOS: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Kristen, 4(2), 42–50.

Ndona, Y., Siagian, L., & Habeahan, S. (2021). Pedagogi Yesus dalam Perspektif Progresivisme Pendidikan. JURNAL CHRISTIAN HUMANIORA, 5(1), 25–46.

Ohio State University. (n.d.). General Education Program: Gen Race, Ethnicity, and Gender Diversity Themes Information. Diambil dari https://asccas.osu.edu/general-education-program/gen-race-ethnicity-and-gender-diversity-themes-information/approved

Otto, O., & Sukamto, S. (2023). Pembentukan Spiritualitas Kristen Melalui Latihan Rohani Personal dalam Konteks Saat Ini. JURNAL LUXNOS, 9(2), 211–225.

Pacific School of Religion. (n.d.). All Course Descriptions. Diambil dari https://www.psr.edu/academics/all-course-descriptions/

Pane, P. B. (2025). Pendidikan Agama Kristen: Landasan dan Prinsip dalam Alkitab. Jurnal Excelsior Pendidikan, 6(1), 79–95.

Pasang, A. (2020). Spiritualitas Menurut Yohanes Calvin dan Implikasinya bagi Pendidikan Warga Gereja di Era New Normal. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 192–205.

Pura, M. (2021). Pendekatan Interdisiplin Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Vox Veritatis, 1(1), 43–52.

Seymour, J. L., & Miller, D. E. (1982). Contemporary Approaches to Christian Education. Abingdon Press.

Siahaan, R. (2005). Peranan Paduan Suara Gereja Dalam Memperkukuh Spiritualitas Dan Memberi Konstribusi Bagi Ibadah Jemaat. Jurnal Jaffray, 3(1), 1–15.

Sirait, R. H., & Simanjuntak, R. (2025). Gereja Inklusif: Membangun Komunitas Ramah Yang Mampu Menangkal Stigma Terhadap Kaum Difabel. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–19.

Sirang, M. W., Brek, Y., & Karosekali, E. (2025). Krisis Identitas dan Spiritualitas pada Kaum Muda: Memberdayakan Kaum Muda dalam Mencari Tujuan Hidup. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 61–72.

Sjahthi, H., & Wibowo, M. (2025). Peran Musik Gerejawi dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini menurut Perspektif Alkitab. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 5(1), 766–778.

Smith, J. K. A. (2016). You Are What You Love: The Spiritual Power of Habit. Brazos Press.

Smith, R. (2024). Music’s Role in Classical Christian Education: A Summary. New Aberdeen College. Diambil dari https://newaberdeencollege.com/musics-role-in-classical-christian-education-a-summary/

Sulisworo, D., et al. (2024). Transformasi Pendidikan Abad XXI Sebuah Bunga Rampai. Eprints UAD. Diambil dari https://eprints.uad.ac.id/56094/1/JAN%202024-Transformasi%20Pendidikan%20Abad%20XXI_Dwi%20Sulisworo%2C%20dkk.pdf

Thompson, A. C. (2013). The Practical Theology of the General Rules. The Asbury Journal, 68(2), 6–27.

Telnoni, B. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, 4(2), 167–179. https://doi.org/10.37368/ja.v4i2.153

Wisdomlib. (2025). Kehadiran Ilahi. Diambil dari https://www.wisdomlib.org/ms/kristian/concept/kehadiran-ilahi

Young, B. U. (2020). The Role of Music in Christian Education. Journal of Research in Music and the Arts (AJRMA), 9, 207–218.

Zaini, F. (2024). Kesetaraan Gender: Perempuan dalam Perspektif Ajaran Gereja Katolik Menurut Gaudium Et Spes. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 5(1), 2454–2468.

Zaluchu, S. E. (2023). Teologi Liturgi Dan Ibadah Virtual. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 106–117.

Downloads

Published

31-08-2025

How to Cite

Musik, Spiritualitas, dan Kesetaraan: Pendekatan Interdisipliner dalam Pendidikan Kristen Abad ke-21. (2025). Calvaria Sonus, 3(1), 23-35. https://ojs.sttbk.ac.id/index.php/calvariasonus/article/view/71